Senin, Agustus 20, 2018

Karnaval HUT ke 73 RI di Jatirogo



Kemeriahan Karnaval Jatirogo Dalam Rangka HUT ke 73 RI


    Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh wilayah di Indonesia, baik di kota maupun yang ada di desa-desa, selalu ramai oleh berbagai perlombaan maupun kegiatan-kegiatan lain yang diadakan dalam rangka menyambut ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus.

    Minggu, 19 Agustus 2018 kemeriahan Karnaval umum dalam rangka menyambut dirgahayu kemerdekaan republik Indonesia kembali diadakan. Pawai karnaval umum di Jatirogo - Tuban, yang diikuti oleh sekolah-sekolah di Jatirogo dan kalangan masyarakat umum ini menampilkan berbagai macam replika dan penampilan karakter-karakter pewayangan. Ada replika mummi, Buto ijo, dan lain-lain. Ada pula karakter tokoh punakawan dalam kisah pewayangan. 
     
    Banyak di antara warga masyarakat Jatirogo dan sekitarnya yang berbondong-bondong menyaksikan tontonan gratis yang diadakan setiap bulan Agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini. Bahkan setiap tahunnya banyak sekali warga masyarakat yang datang dari luar Jatirogo, seperti dari Bangilan, Senori, Kenduruan, Sale, dan lainnya untuk melihat kemeriahan karnaval 17-an ini. Sehingga sepanjang pinggiran jalan yang dilalui oleh peserta karnaval selalu penuh sesak oleh penonton. 

    Yang unik dari karnaval umum Jatirogo dalam rangka memperingati hari  kemerdekaan Indonesia adalah para peserta karnaval bukan hanya berjalan dengan berbagai busana adat yang mereka kenakan, tetapi juga ada pertunjukan tari-tarian sesuai dengan busana adat atau lakon yang dibawakan oleh para peserta karnaval. Dan mungkin karena hal itulah yang membuat kemeriahan karnaval di Jatirogo ini selalu dipenuhi oleh penonton.

Advertisement **

2 komentar:

  1. Lama tak jumpa ternyata blognya baru. Salam kenal lagi mas. He he. Masih ingat saya gak nih?

    BalasHapus
  2. Keren,mas.
    Sekarang pada lebih kreatif bikin beragam replika untuk pawai, acara jadi lebih seru.

    BalasHapus