Jumat, April 28, 2017

Wisata Alam Sumber Mata Air Sungai Krawak

Sungai Krawak

Sumber Mata Air Sungai Krawak 

Sumber Mata Air Krawak adalah obyek wisata alam yang berupa sumber mata air yang keluar dari celah celah bebatuan sungai.
Sungai krawak berada di tengah-tengah hutan jati yang ada di Desa Guwoterus Kecamatan Montong, Tuban. Sumber mata air Krawak menjadi sumber pengairan irigasi untuk lahan pertanian di daerah Kecamatan Singgahan, Tuban. Selain itu, sumber mata air sungai krawak juga menjadi sumber mata air untuk obyek wisata alam Air Terjun Nglirip.

Lokasi sumber mata air krawak berada di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Tuban, tepatnya di antara perbatasan kecamatan Montong dan kecamatan Singgahan. Jika dari alun-alun kota Tuban, jaraknya kurang lebih sekitar 35 km.



Rute Menuju Lokasi Sungai Krawak

Mengenai rute untuk menuju sumber mata air sungai krawak sama seperti rute untuk menuju wisata alam air terjun nglirip karena memang lokasinya berdekatan. Kurang lebih 2 - 3 km dari lokasi air terjun nglirip.

Untuk rute dari alun-alun kota Tuban, bisa ditempuh dengan rute; Tuban kota - Kecamatan Merakurak - Kecamatan Montong - Kecamatan Singgahan. Tepat sebelum sampai gapura batas kecamatan ( Montong - Singgahan ), kita sudah sampai lokasi sumber air sungai krawak.

Untuk rute dari Bojonegoro, kita bisa mengambil rute; Bojonegoro kota - Kecamatan Parengan Tuban - Kecamacan Singgahan.


Berlibur di Sumber Mata Air Sungai Krawak 


Berlibur di sumber mata air sungai krawak membuat suasana hati menjadi tenang dengan memandang jernihnya air yang keluar dari beberapa sumber di antara bebatuan sungai.
Gemericik suara air yang mengalir di antara bebatuan, dan cuitan burung-burung liar yang bernyanyi riang di beberapa pepohonan yang rindang menambah suasana berlibur menjadi sangat nyaman.


Eksotisme sumber mata air sungai krawak yang masih asri dan alami bisa menjadi pilihan selain berlibur di wisata alam Air Terjun Nglirip. Dan karena lokasi kedua tempat wisata ini sangat dekat, maka akan rugi jika kita sudah berlibur di air terjun nglirip tetapi kita tidak menengok indahnya panorama alam sumber mata air yang menjadi sumber wisata alam air terjun nglirip ini.


Tetapi kita harus tetap hati-hati dan waspada saat berlibur di sumber mata air sungai krawak ini. Bebatuan sungai yang licin bisa menyebabkan kita terpeleset dan jatuh basah kuyup ke dalam air. Dan juga banyaknya pepohonan yang sudah tua dan rawan rohoh, juga harus diwaspadai saat berlibur di sumber mata air sungai krawak.



loading...

7 komentar:

  1. Wow.. Airnya masih jernih kang, boleh nih nanti bisa singgah dituban 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, mas. Nanti kita mandi bareng di sana. Hahaha

      Hapus
  2. Airnya jernih dan di kelilingi pepohonan, kelihatan asri dan pasti sejuk tu cuacanya, apa lagi dibuat mandi sambil ngrumpi. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat nyuci sambil ngerumpi juga tak kalah keren dengan adegan film jaman dulu. Hahaha

      Hapus
  3. saya juga kangen mas dengan pemandangan sungai serta alam seperti ini , habis hidup di kota jarang nemuin sungai .yang banyak gedung gedung pada dibangun...pokonya ntar kalau pulkam langsung nyebur kesungai ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Saya sendiri juga merantau di kota. Jadi, sudah jarang bahkan tidak pernah lagi mandi di sungai pedesaan.

      Hapus
  4. Airnya bening banget ya, Mas..
    Jadi pengen kecek-kecekan..hehe

    BalasHapus