Monday, November 06, 2017

Rumah Pohon TPK Jatirogo

Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo


Pesonadesa.info, Satu lagi, tempat wisata di wilayah kabupaten Tuban yang saat ini sedang dikembangkan atau dikelola adalah Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo. Atau juga biasa dikenal dengan sebutan rumah pohon TPK Jatirogo. Disebut rumah pohon karena terdapat beberapa rumah yang dibangun di antara pepohonan rindang.


Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai ria menikmati kesejukan alam bersama teman maupun keluarga. Karena berada di bawah pepohonan yang tumbuh rindang, membuat suasana sangat teduh. Juga sangat cocok dijadikan tempat nongkrong bagi para muda-mudi. Dan bagi yang ingin mengambil foto untuk Prewedding, tempat ini juga sangatlah menarik untuk dijadikan lokasi pengambilan foto.

Selain terdapat beberapa rumah pohon, di tempat ini juga ada beberapa Saung atau gubuk kecil sebagai tempat untuk bersantai. Di area tempat wisata yang berada di kecamatan Jatirogo ini juga terdapat cafe dan resto. Menikmati menu cafe dengan nuansa kesejukan embus angin, membuat suasana bersantai menjadi lebih romantis.


Untuk lokasi, tempat wisata keluarga ini sangat mudah sekali dijangkau dari berbagai wilayah yang ada di Tuban dan sekitarnya. Tempat wisata yang masuk wilayah kelurahan Wotsogo ini lokasinya sangat mudah dijangkau. Dari Tuban kota, bisa dijangkau melalui jalur pantura, maupun melalui jalan pintas Merakurak - Montong - Bangilan - Jatirogo. Tetapi melalui jalur pantura lebih mudah untuk menjangkaunya karena jalurnya tak banyak belokan. Dari kota Tuban, lurus saja ke arah jurusan Semarang. Kemudian belok kiri di pertigaan Bulu, Bancar (pertigaan masjid besar Sukolilo, Bancar, Tuban/lihat papan penunjuk arah). Dari pertigaan Bulu, kita lurus saja mengikuti jalur ke arah Jatirogo. Dan ketika sudah sampai di terminal Jatirogo, berarti kita sudah sampai di lokasi, dikarenakan tempat wisata ini tepat berada di tepi jalan raya. Atau lebih tepatnya di samping terminal bus Jatirogo.

Sedangkan bagi yang datang dari arah Bojonegoro, juga sangat mudah sekali menjangkau tempat wisata rumah pohon ini. Dari kota Bojonegoro, ambil saja arah jurusan ke Jatirogo. Seperti yang telah tersebut di atas, karena tempatnya tepat di tepi jalan raya dan bersebelahan dengan terminal bus Jatirogo, tentu tidaklah sulit untuk mencari lokasi Discovery of Forest Perhutani Kebonharjo. Sebelum masuk ke terminal Jatirogo, pengunjung yang datang dari arah Bojonegoro akan sampai di pintu masuk tempat wisata ini.

Bagi yang datang dari arah Rembang pun, sangatlah mudah untuk sampai di tempat wisata ini. Ada dua jalur pilihan yang dapat dilalui. Bisa melalui jalur pantura, dan juga melalui Sale, Jawa Tengah.

Dan bagi yang menggunakan jasa angkutan umum, baik yang dari arah kota Tuban, Rembang, maupun yang dari kota Bojonegoro, juga terdapat angkutan umum berupa bus mini yang dapat kita tumpangi untuk sampai di lokasi rumah pohon TPK Jatirogo ini. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk sampai di tempat wisata ini.

Untuk tiket masuk, sangatlah murah meriah. Untuk satu kendaraan roda dua, kita hanya membayar Rp.2000 saja untuk sekali masuk. Dan kita sudah dapat berkeliling menikmati keteduhan suasana di Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, saya kurang kurang tahu, karena kemarin saat masuk ke sana, saya menggunakan sepeda motor. hehe

Jadi, tunggu apalagi. Silahkan saja menikmati keteduhan dan kesejukan alam di Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo, saat berkunjung ke kabupaten Tuban, terlebih jika saat berada di kecamatan Jatirogo. Sungguh sangat disayangkan jika kita tidak mengunjunginya.

Selamat bersantai ria menikmati keindahan dan pesona alam.

10 komentar:

  1. Keren banget, Mas, mungkin kedepannya bisa di tingkatkan, misalnya lebih tinggi gitu. Namun, dengan catatan keselamatan serta kenyamanan di utaman juga..

    Selain bagus, unik juga hiasan payung dibawahnya membuat tempat ini jadi lebih menarik, terlebih untuk foto. Ajak teman atau keluarga ke tempat ini memang suatu hal yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Semoga saja untuk kedepannya lebih ada peningkatan lagi, supaya semakin banyak pengunjung yg datang.
      Tapi dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan.

      Untuk foto2 memang sangat menarik. Terlihat romantis berfoto di antara hiasan payung. Hehe

      Delete
    2. Semoga lain waktu bisa kesana, sekeluarga menikmati indahnya pemandangan alam.

      Delete
    3. Kalau ke sana, jangan lupa ajak saya ya, om. Hahaha

      Delete
  2. Cocok untuk tukang photo semisal saya ini. Apalagi jika pas ada prawedding, hasil photonya dijamin ok-ok punya deh. Tiket masuknya tergolong murah meriah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, om. Kalau tukang photo pasti dapat mengambil gambarnya lebih Bagus lagi. Karena saya bukan tukang photo, ya gambar yang saya ambil kurang bagus. Apalagi ngambil gambarnya cuma pakai kamera hp jadul. Wkwkwkk
      Untuk prewedding sepertinya juga sangat keren, om. Dengan hiasan payung terlihat lebih romantis. Hehe
      Tiket masuknya lebih murah dari secangkir kopi. 😀😀😀

      Delete
  3. Nah, kalau terus dikelola seperti ini, bisa jadi kedepan Kota Tuban akan menjadi tempat destinasi objek wisata.

    Dan semoga jika ada kesempatan rasanya ingin singgah juga di saung2 yang alami, sambil menikmati secangkir kopi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, kang mas. Sebenarnya banyak banget tempat2 di Tuban yang layak dijadikan obyek wisata. Tetapi kurangnya pengelolaan, tempat wisata yang seharusnya bagus, menjadi tam terurus.
      Semoga saja kedepannya tempat2 yg yang bagus untuk dijadikan tempat wisata itu dikelola dengan baik, sehingga kota tuban akan menjadi kota wisata.

      Delete
  4. Kalau roda dua tiket masuknya Rp 2000, kalau roda empat kayaknya Rp 4000 cocokkan? ingin kunjung ke Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo, tolong disambut ya kedatangan kami hehe ...

    ReplyDelete
  5. Wow.. Pasti nanti kami sambut dengan secangkir kopi bersama mas Jeni kalau sampeyan berkunjung ke situ. Tapi woro2 dulu kalau mau datang. Hahaha

    ReplyDelete