Wednesday, October 25, 2017

Pesona Wana Wisata Pantai Sowan

Pesona Wana Wisata Pantai Sowan Tuban


Pesonadesa.info, Kabupaten Tuban yang terletak di bagian Utara pulau Jawa, memang memiliki beberapa pantai yang terbentang dari ujung Timur sampai ujung barat kabupaten Tuban. Dan beberapa pantai pun dikelola untuk dijadikan tempat wisata yang salah satunya adalah pantai sowan. Pantai sowan merupakan objek wisata alam yang berupa pantai, yang ada di sebelah barat kabupaten tuban, tepatnya Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Objek wisata pantai sowan ini menawarkan eksotisme alam dan pantai. Wisata Pantai Sowan di Tuban memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

    Pantai Sowan merupakan obyek wisata yang memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata pantai sowan ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’. Sepeti yang tertulis pada papan nama yang terpasang di pintu masuk kawasan wisata. Saat akan memasuki area pantai, para pengunjung akan disambut oleh deretan pepohonan yang membuat suasana terasa lebih sejuk. Selain tempat untuk berwisata, di pantai sowan juga dapat menjadi tempat bersantai untuk menggali inspirasi sambil duduk-duduk dengan menikmati keindahan alamnya. Selain itu kita juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang memenagkap ikan di laut. Untuk kita yang hobi berkemah, juga sangat cocok menikmati pesona pantai sambil menikmati ikan bakar yang dapat kita beli dari para nelauan.

    Meskipun nama dari objek wisata ini 'Pantai sowan' karena memang tempat pantainya ada di dusun Sowan, tetapi oleh penduduk sekitar, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan TPK. Karena tempat wisata ini dulunya memang merupakan Tempat Penyimpanan Kayu (TPK) milik perhutani. Meski sekarang sudah tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan kayu, tetapi wilayah ini sampai sekarang masih dikelola oleh pemerintah RPH Sukoharjo, BKPH Bancar. 

    Untuk jalur menuju ke tempat wisata pantai Sowan, sangat mudah dijangkau karena letaknya yang tidak jauh dari jalan raya pantura, jalur utama Surabaya-Semarang. Dan jika kita ingin berkunjung ke tempat wisata ini, dari kota Tuban kita bisa langsung melalui jalur pantura. Mengikuti jalur Tuban - Semarang. Kurang lebih 40km dari pusat kota Tuban. Dan apabila kita tidak menggunakan kendaraan pribadi, kita tak perlu khawatir karena kita bisa menggunakan jasa transportasi. 

  Sarana transportasi umum yang beroperasi di sekitar wialayah tersebut sangat mudah kita dapatkan. Jika kita berangkat dari Surabaya, kita bisa naik angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Yaitu Bus dengan jurusan Surabaya-Semarang, yang biasanya terdapat tulisan 'Surabaya-Tuban-Semarang' di bagian depan bus. Dan jika kita berangkat dari kota Tuban, selain dapat menggunakan angkutan umum berupa bus jurusan Surabaya-Semarang, kita juga dapat naik angkutan umum berupa len (angkutan desa) jurusan Tuban-Bulu. Minta turun di pantai Sowan, rata-rata para sopir angkutan sudah mengerti lokasinya.

    Lalu jika kita berangkat dari kota Semarang, untuk yang menggunakan jasa angkutan umum kita juga dapat naik bus dengan jurusan yang sama, yang tersebut di atas. Yaitu bus jurusan Semarang-Tuban-Surabaya. Dan jika dari Rembang, langsung saja lurus mengikuti jalur pantura menuju Surabaya. Kurang lebih 45KM dari Kota Rembang kita sudah sampai di tempat wisata pantai sowan. Seperti yang telah disebutkan di atas, wisata pantai sowan memang sangat mudah dijangkau karena lokasinya yang tidak jauh dari jalur utama (jalur pantura) Tuban-Semarang.

    Demikian sedikit ulasan tentang tempat wisata alam, wisata pantai sowan yang ada di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban - Jawa Timur.




2 komentar:

  1. Pantainya bagus, selalu takjub akan keindahan ciptaan-Nya, terutama pantai. Apalagi pagi dan sore, asik tuh, gak panas soalnya..he

    Bisa lah aku pahami rutenya, dan kalau ada waktu panjang, bisa di agendakan ke Semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesona keindahan alam ciptaan-Nya memang selalu bikin takjub, mas. Pantai, gunung, dan juga keindahan alam yang lain selalu membuat kita terpesona akan keindahannya.

      Monggo, mas, dipahami dulu rutenya. Sangat mudah kok, mencari mencari tempat wisata yg tersebut di atas. Hehe

      Delete